Pages

Jumat, 04 Desember 2015

Descriptive dan Contohnya Sip

DESCRIPTIVE TEXT, atau dalam istilah writing hanya dikenal dengan "description" adalah salah satu pelajaran bahasa Inggris yang harus dikuasai tidak hanya oleh anak SMP, tapi juga oleh anak SMA, Mahasiswa dan siapapun yang mencintai bahasa Inggris. Karena bagaimanapun, materi descriptive writing sangat perlu untuk perkembangan kemampuan bahasa Inggris kita.

Beberapa penulis ternama, khususnya penulis fiksi, memiliki kemampuan menulis descriptive text yang baik sehingga tulisannya sangat enak dibaca sekaligus mudah dipahami. Oleh karena itu, seandainya kita mampu menguasai pelajaran ini dengan baik, kita mungkin saja nanti bisa menjadi penulis yang hebat di masa depan nanti.


Lebih lanjut, penjelasan dan contoh descriptive text ini bisa membantu sobat yang sedang atau masih menempuh perjalanan panjang belajar bahasa Inggris. Tidak usah ragu untuk membaca tulisan descriptive text di bawah ini, semakin sering kita membaca semakin bisa kita memahaminya. Dan alangkah baiknya jika kita tidak hanya paham semata, tapi juga bisa menulis descriptive text sendiri.

Mungkin sobat sudah "bosan" mempelajari narrative text, karena itu sekarang saatnya kita membahas descriptive text agar kepala kita tidak melulu berisi dongeng dan cerita.

Berikut adalah daftar materi tentang descriptive text yang bisa sobat pelajari

Pengertian Descriptive Text


Dalam artian luas, Description, seperti dijelaskan oleh Kane (2000: 352), diartikan seperti pada kalimat di bawah ini :

Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception.

Jadi, jika disimpulkan dari penjelasan Kane di atas, tulisan deskriptif bermakna teks yang menjelaskan tentang pengalaman yang berhubungan dengan pancaindera, seperti apa bentuknya, suaranya, rasanya. Kebanyakan teks deskriptif memang tentang pengalaman visual, tapi nyatanya pengalaman selain dari indera penglihatanpun bisa digunakan dalam descriptive text.

Namun secara khusus, descriptive text adalah, "...... is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing." [teks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu]

Jadi, bisa dikatakan bahwa descriptive text ini adalah teks yang menjelaskan tentang seperti apakah orang atau suatu benda dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan (purpose) dari descriptive text pun jelas, yaitu untuk menjelaskan, MENGGAMBARKAN atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda, baik abstrak maupun konkret.

Salah Satu Penjelasan Descriptive Writing pada Buku Evelyn May Albright

Gambar di atas adalah salah satu penjelasan mengenai descriptive writing tingkat lanjut, khususnya bagi para mahasiswa jurusan sastra Inggris maupun Pendidikan bahasa Inggris. Jika anda berminat, saya memiliki link downloadnya, tapi tidak bisa ditampilkan disini karena melanggar kebijakan Universitas Ohio. Kirimkan email anda melalui j.masruroh@gmail.com untuk mendapatkan linknya :D

Generic Structure Descriptive Text


Ketika menulis descriptive text, ada beberapa susunan umum / generic structure (sebenarnya tidak wajib) agar tulisan kita dianggap benar. Susunan tersebut adalah :

  1. Identification : berisi tentang identifikasi sesuatu, baik makhluk hidup ataupun benda mati yang akan dideskripsikan.
  2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran tentang sesuatu, baik makhluk hidup ataupun benda mati, dengan menyebutkan beberapa gambaran, sifat, karakter, atau apapun yang berhubungan dengan deskripsi sesuatu yang dimaksud.

Ketika kita menulis descriptive text, hal yang wajib kita ketahui adalah cara kita menyampaikan deskripsi tulisan kita tersebut. Oleh karena itu pemahaman tentang adjective (kata sifat bahasa Inggris) wajib kita kuasai.

Selain adjective, beberapa struktur bahasa Inggris yang berfungsi sebagai adjective pun harus kita pahami agar penulisan descriptive text kita terlihat tidak kaku.

Contoh Descriptive Text

Monas National Monument

   Monas National Monument is a 132-meter tower in the center of Merdeka Square, Central Jakarta, Indonesia Jakarta, is the capital of the state. It symbolizes the struggle for Indonesian independence of our country.

   The monument consists of a 117.7 m obelisk on a 45m square platform at a height of 17 m. Towering monument symbolizes the philosophy of Lingga and Yoni. Resembles a phallus, or pestle mortar pestle and Yoni resembles rice or mortar, two important things in the tradition of Indonesian agriculture.

   Construction began in 1961 under the direction of President Sukarno, the first president of the us and the monument was opened to the public in 1975. It is topped by a flame covered with gold foil, and now the monument calls.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar